Jumat, 19 Februari 2010

Ketentuan Penulisan Artikel

Categories:

DIDAKTIKA ISLAMIKA - Artikel yang diketik dengan menggunakan MS Word, dapat dikirimkan melalui e-mail ke alamat: didaktika@fitk-uinjkt.ac.id atau didaktika.fitk@gmail.com. Mohon untuk menyertakan biodata penulis (Nama, Universitas/Instansi, alamat lengkap, No. Telp./HP, dan alamat email). Panjang artikel termasuk daftar pustaka adalah 20-25 halaman Kuarto (A4), dengan satu setengah spasi.

Artikel disertai dengan abstrak sekitar 150-200 kata dan diletakkan setelah judul artikel dan afiliasi penulis. Abstrak untuk artikel dalam bahasa Indonesia ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Arab; abstrak untuk artikel bahasa Inggris atau bahasa Arab ditulis dalam bahasa Indonesia.

Kutipan hendaknya dipadukan dalam kalimat penulis tanpa tanda petik, kecuali bila panjangnya lebih dari tiga baris. Dalam hal ini, kutipan diketik dengan satu spasi, diberi indensi sepuluh huruf, centered, dan tanpa tanda petik.

Nama penulis yang disitir atau dirujuk hendaknya ditulis dengan huruf berikut: nama akhir penulis, tahun penerbitan, dan nomor halaman (bila diperlukan). Misalnya, (Azra, 2008: 77); (Rifai dan Wahab, 2009: 66). Daftar pustaka ditulis berdasarkan abjad dengan urutan berikut:

Untuk buku: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama depan, (4) titik, (5) tahun penerbitan dalam kurung, (6) titik, (7) judul buku dalam huruf miring, (8) titik, (9) kota penerbitan, (10) titik dua/kolon, (11) nama penerbit, dan (12) titik. Contoh:

Crain, W. (2000). Theories of Development; Concepts and Applications. New Jersey: Prentice Hall.

Hall, C.S. dan Lindzey, G. (1985). Introduction to Theories of Personality. New York: John Wiley & Sons.

Hesselbein, F, et al. (Editors). (1996). The Leader of The Future. San Francisco: Jossey-Bass.

Untuk artikel: (1) nama akhir, (2) koma, (3) inisial nama depan, (4) titik, (5) tahun penerbitan dalam kurung, (6) titik, (7) tanda petik buka, (8) judul artikel, (9) titik, (10) tanda petik tutup, (11) nama jurnal dalam huruf miring, (12) volume, (13) nomor, dan (14) titik. Bila artikel diterbitkan di sebuah buku, berilah kata “dalam” atau “in” sebelum nama editor dari buku tersebut. Buku ini harus pula dirujuk secara lengkap dalam referensi tersendiri. Contoh:

Furqon. (2007). “Assesment of Learning for Continuous Quality Improvement in Education (The Case of Indonesia).” Dalam International Journal of Education. Vol. 1, No. 2. H. 125-138.

Darling-Hammond, et al. “The Design of Teacher Education Programs”, dalam Darling-Hammond, L. dan Bransford, J. (Eds). (2005). Preparing Teacher for A Changing World: What Teacher Should Learn and Be Able To Do. San Francisco: Jossey-Bass.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to Ketentuan Penulisan Artikel

10 Februari 2011 pukul 17.11

alhamdulillah saya bisa donk ngirim artikel di web ini...makasih banyak

Posting Komentar